HyperThreading

Generasi P4 dengan HyperThreading adalah seri terbaru CPU dari Intel. Sistem OS yang diperlukan untuk unjuk kerja hanya pada OS terbaru seperti WIn2000, XP atau UNIX platform. Karena pada CPU seakan memiliki 2 proses yang bekerja bersamaan dan dibutuhkan OS yang mampu melakukan tugas multitasking seperti CPU.
Untuk option HT (Hyperthreading). CPU 3.06 juga membutuhkan mainboard dengan BIOS terbaru. Untuk chipset dari Intel minimal dibutuhkan generasi 850E atau i845E plus upgrade BIOS untuk menaktifkan Hypertreading dari BIOS. Pada gambar kanan adalah option yang ada pada BIOS Gigabyte 8PE667. Option ini hanya akan tampil, bila CPU memiliki fitur untuk HT teknologi. Bila tidak mengunakan CPU tanpa teknologi HT, maka option ini tidak akan tampil pada BIOS.



Bagaimana kelebihan pada teknologi HT . Singkatnya, CPU bekerja seakan akan memiliki kemampuan 2 proses atau task yang bersamaan. Misalnya CPU diberikan 2 task atau perintah proses berbeda dengan waktu yang sama, maka pada teknologi CPU tanpa HT, proses hanya dilakukan satu persatu. Hal ini membuat CPU juga sibuk mengurusi perintah besar maupun kecil. Tetapi dengan HT, tugas yang dijalankan akan di kerjakan bersamaan. Selain lebih cepat, tugas yang diberikan pada CPU akan mempersingkat penyelesaian proses aplikasi.
Penampilan P4 3.06 pada WCPUID memiliki sedikit perbedaan. Pada gambar dibawah ini adalah deteksi software yang menampilkan 2 option CPU pada P4 3.06GHz.




Untuk WinXP , bila diperiksa pada System Task. Maka akan muncul 2 CPU history pada grafik. Untuk mengaktifkan 2 CPU pada HyperThreading diperlukan untuk mengaktifkan HT pada BIOS dan mengunakan OS terbaru.



so, masih banyak lagi perbedaannya, diantaranya pada heatsink.sekian dulu dan keep learning and searching.
 
Copyright © 2011 Blogger with Love | Themes by Edit-me.