Pengertian WWW, Wordpress, Joomla, Drupal

WWW singkatan dari World Wide Web adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut URL (Uniform Resource Identifier) yang digunakan untuk mengidentifikasi nama, sumber, atau layanan di Internet yang berisi beragam informasi, baik tulisan, gambar, suara, video, dan informasi multimedia lainnya dan dapat diakses melalui sebuah perangkat yang disebut web browser seperti Mozilla, Crome, Internet Explorer atau dengan kata lain, memudahkan user/pengguna untuk mengakses suatu nama website seperti google.com dari pada menuliskan angka 74.125.135.99 di url addressnya.

Pengertian Joomla merupakan salah satu Content Management System (CMS) dan merupakan salah satu CMS populer untuk membuat website atau blog . Joomla adalah salah satu CMS yang memilliki komunitas besar di seluruh dunia dengan didukung oleh para pengembang ketiga yang akan terus mengembangkan program inti Joomla.

WordPress adalah salah satu CMS yang sangat terkenal untuk saat ini dalam pembuatan suatu Blog. Selain open Source (dapat dikembangkan lagi) Wordpress memiliki kemudahan untuk dimodifikasi dan digunakan sesuai kebutuhan penggunanya dengan menambahkan plugin-plugin pendukung. WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL.

Ada 2 jenis Wordpress:

1. WordPress.COM : Penyedia Layanan Gratis dengan, anda akan mendapatkan blog dengan akhiran nama_blog_anda.wordpress.com


2. WordPress .ORG : Penyedia Layanan Gratis berupa Source Program (script, plugin dan lain-lain) yang dapat anda install di Hosting dan Domain yang anda miliki tanpa berhubungan dengan Wordpress itu sendiri. baik hosting atau domain gratis maupun berbayar, tergantung kebutuhan anda.


Drupal merupakan salah satu Content Management System (CMS) berbasis web, pengertian dari Content Management System (CMS) itu sendiri adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menambah dan atau mengelola content dari Website dan dengan menggunakan CMS kita akan dengan mudah :

Dengan kata lain Joomla, Wordpress, dan Drupal merupakan sama-sama CMS berbasis web yang digunakan untuk membuat blog/website. Sekarang tergantung dengan anda, mana yang lebih familiar..... :)
 
Copyright © 2011 Blogger with Love | Themes by Edit-me.